Pages

Sabtu, 13 Oktober 2012

Irwan Prayitno: Pendirian PT Jamkrida Langkah Strategis Bangun Ekonomi Daerah

Padang - Gubernur Sumatera Barat Sumbar, Irwan Prayitno mengatakan, pendirian badan usaha milik daerah (BUMD) PT Penjaminan Kredit Daerah (Jamkrida) oleh Pemprov Sumbar merupakan salah satu langkah strategis dalam pembangunan ekonomi daerah ini.

Jika PT Jamkrida telah berdiri nantinya maka dapat diharapkan untuk menciptakan iklim usaha yang kondusif untuk mendorong pertumbuhan dan berkembangnya usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), katanya di Padang, Sabtu.

Apalagi, tambahnya, masih banyak UMKM di Sumbar yang belum dapat mengakses kredit ke perbankan karena tidak memiliki agunan.

Menurut dia, pengalaman dari sejumlah negara seperti Jepang, Taiwan dan India dalam menciptakan iklim usaha dan mendorong pertumbuhan serta kemajuan UMKM adalah dengan membentuk lembaga penjaminan kredit.

Gubernur mengatakan, pendirian BUMD itu juga bertujuan untuk mendorong peningkatan perekonomian masyarakat, karena itu penjaminan kredit untuk UMKM dan koperasi tidak semata-mata berorientasi keuntungan.

Namun, tetap diupayakan agar perusahaan memperoleh pendapatan yang bisa menutup biaya operasional perseroan ini, tambahnya.

Dengan demikian, untuk biaya operasional perusahaan tidak akan menggerogoti dana APBD Sumbar dan diharapkan tidak pula menghambat pembangunan di daerah ini.

Gubernur bahkan menyakini, pendirian PT Jamkrida akan memberi multiplier efect (efek ganda) bagi Sumbar dari aspek ekonomi maupun keuangan.

Dengan peran BUMD ini nantinya, diharapkan usaha masyarakat Sumbar akan berkembang dan dari perkembangan itu ekonomi daerah akan mengalami pertumbuhan positif, katanya.

Ia menambahkan, dengan tumbuh positifnya ekonomi maka berdampak pada makin terbukanya kesempatan kerja dan selanjutnya akan menurunkan tingkat kemiskinan di daerah ini.

Kemudian, dari usaha yang berkembang akan meningkat pendapatan daerah dalam bentuk pajak dan retribusi daerah, kata Prayitno. (H014)


antaranews.com 13 Oktober 2012

0 komentar:

Posting Komentar