Pages

Senin, 17 Juli 2017

Gubernur Sumbar Terima Setyalencana

PADANG – Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno menerima penghargaan Satyalencana pembangunan dari Presiden RI berdasarkan Surat Keputusan Nomor 59/TK/Tahun 2017 tertanggal 21 Juni 2017, yang diserahkan Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, Puan Maharani.

Penyerahan penghargaan tertinggi di bidang Kependudukan itu, pada momentum puncak Harganas di Bandar Lampung, Sabtu (15/7). Gubernur Sumbar satu-satunya gubernur di Indonesia yang menerima Satyalencana Pembangunan Bidang Kependudukan tahun 2017 dari Presiden RI.
“Penghargaan ini saya persembahkan bagi masyarakat Sumbar. Karena keberhasilan ini tidak akan dapat dicapai, jika tidak ada kerjasama dan kesadaran masyarakat,” sebut Gubernur Irwan Prayitno usai menerima penghargaan. Disampaikannya, selain tingginya kesadaran masyarakat, penghargaan tersebut juga tidak lepas dari koordinasi dan kerjasama yang baik antar lembaga dalam mewujudkan pengendalian penduduk. “Saya juga ucapkan terimakasih dengan seluruh kerjasama antar lembaga,”ulasnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Sumbar, Novrial, mengatakan Penghargaan tersebut diberikan atas dedikasi membangun kualitas hidup masyarakat dengan menyukseskan program kependudukan sesuai kearifan lokal, melalui penerbitan kebijakan.

Selain itu, alokasi anggaran dan penyediaan sarana dan prasarana KB, pemberdayaan dan peningkatan peran serta organisasi kemasyarakatan dalam pembangunan keluarga sejahtera melalui kelompok UPPKS, sehingga tercapai TFR 2,6 persen dan laju pengendalian penduduk 1,33 persen.
Upaya dilakukan tentu tidak terlepas arahan dan motivasi yang diberikan gubernur kepada OPD bidang kependudukan yang selalu bersinergis dengan BKKBN wilayah Sumbar. Selalu turun memberikan sosialisasi, motivasi dan mengerakan program KB dan juga mendorong perekonomian masyarakat dalam membentuk keluarga kecil yang sehat dan sejahtera di Sumbar.

“Pak Gubernur Irwan Prayitno menyampaikan, penghargaan diterima adalah untuk masyarakat Sumatera Barat, dan para pemangku kepentingan peduli memperhatikan kebaikan keluarga dan menyiapkan anak-anak sehat dan cerdas,” katanya.

Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) di Provinsi Lampung banyak kegiatan yang dilaksanakan, di antaranya Pembukaan Gelar Dagang Nasional yang diikuti oleh 34 provinsi dan 15 kabupaten/kota Se-Indonesia serta berbagai UMKM provinsi itu.

Selain itu, ada kegiatan Kegiatan Kemah Keluarga Indonesia dan kegiatan pemberiaan penghargaan kepada kabupaten/kota pemenang dalam lomba PKK-KB-Kesehatan Tahun 2017 oleh Kepala BKKBN beserta Ketua Umum TP PKK dan Ketua TP PKK.


Manggala Karya Kencana

Dalam kesempatan yang sama, Ny.Nevi Irwan Prayitno selaku Ketua PKK Sumbar, mendapat penghargaan Manggala Karya Kencana (MKK) dari Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Republik Indonesia.

Penghargaan tersebut diserahkan Kepala BKKBN, RI dr Surya Chandra Surapaty dan Ketua Umum TP PKK, Erny Gundarti Tjahjo Kumolo pada malam penganugerahaan penghargaan pada Hari Keluarga 0Nasional (Harganas) di Rumah Jabatan Gubernur Lampung.

Penghargaan Manggala Karya Kencana (MKK) yang diberikan KBN kepada kepala daerah karena dinilai berkomitmen penuh terhadap penyelenggaraan program kependudukan dan keluarga berencana (KB), serta pembangunan keluarga sejahtera di daerahnya.

Selain penghargaan MKK, BKKBN juga memberikan penghargaan Wira Karya Kencana (WKK) dan Dharma Karya Kencana (DKK) kepada petugas kesehatan dan perorangan lainnya.

Kepala BKKBN Pusat, Surya Chandra Surapaty menegaskan, penghargaan menjadi motivasi untuk terus meningkatkan program kependudukan, guna memperbaiki kualitas hidup manusia.

“Penghargaan ini bentuk apresiasi BKKBN terhadap kepada kepala daerah yang telah menjalankan program KB di daerahnya. Penghargaan ini diharapkan bisa meningkatkan program KB,” kata Surya.
Selanjutnya Surya mengungkapkan, BKKBN menargetkan setiap kabupaten ada Kampung KB. Sebab, Kampung KB ini merupakan cara pemerintah membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat pedesaan. Kemudian Surya berharap, peringatan Harganas ini dapat menjadikan semua untuk memperhatikan keluarga, karena keluarga merupakan pilar pembangunan bangsa dan utama dalam mendidik dan membentuk manusia masa depan yang berkarakter.

“Kita bersyukur dengan penghargaan ini, ini bukti keseriusan kita dalam membangun Sumbar dan berkomitmen dalam penyelenggaraan program kependudukan,” pungkasnya.

Singgalang, 17 Juli 2017

0 komentar:

Posting Komentar