Mudahkan Investasi dan Layanan Publik : Gubernur Terima Attractiveness Award - PKS Sumbar
News Update
Loading...

03 Oktober 2017

Mudahkan Investasi dan Layanan Publik : Gubernur Terima Attractiveness Award

PADANG – Pemerintah Provinsi Sumatra Barat menerima penghargaan Indonesia Attractiveness Award 2017. Penghargaan itu diberikan atas keberhasilan pemerintah daerah dalam mengembangkan potensi daerah dan bagaimana mengelola pembangunan ekonominya.

Penghargaan tersebut diberikan Majalah Tempo dan Frontier Konsultan diserahkan kepada Gubernur Irwan Prayitno di Ballroom Westin Hotel Jakarta, Jumat (29/9).

“Ini merupakan bentuk apresiasi Tempo dan Frontier Consulting Group melalui Indonesia Attractiveness Award (IAA) yang telah menilai Sumber sebagai provinsi yang komitmen mengembangkan potensi daerah, serta pengelolaan ekonomi,” ujar Irwan Prayitno usai menerima penghargaan tersebut.

Dikatakannya, dalam penghargaan itu, Pemprov Sumbar menjadi yang terbaik dalam kategori Provinsi Terbaik dan menarik dalam Kemudahan Berinvestasi, Pelayanan Publik, Kepariwisataan dan Pembangunan Infrastruktur di Indonesia tahun 2017.

Selain itu penilaiannya itu tidak hanya sekadar mengembangkan potensi ekonomi dan target pertumbuhannya, yang juga diperhatikan adalah memastikan semua itu dapat dinikmati dengan merata. Di sinilah peran pemerintah provinsi, menjadi krusial. Dan, Pemprov Sumbar telah menunjukkan komitmennya supaya daerahnya turut merasakan pertumbuhan.

Disebutkannya, IAA ini merupakan penyelenggaraan ketiga TEMPO dan Frontier. Untuk menghasilkan pemeringkat IAI, metodologi yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Tim peneliti menyisir data-data sekunder dan primer (Mystery calling, analisis digital dan media sosial) dari 508 kabupaten/ kota dan 34 Provinsi.

“Pengumpulan data primer dilakukan dari Mei hingga Juni 2017. Sedang data sekunder dikoleksi sejak awal 2016,” katanya.

Adapun indikator itu, yakni Indikator kontribusi PDRB (Produk Domestik Regional Bruto) terhadap PDRB Provinsi dan peningkatan PDRB meningkat secara signifikan dari tahun sebelumnya. Kemudian, pertumbuhan PDRB harus lebih besar dari rata-rata pertumbuhan koridor atau PDRB per kapita lebih besar dari rata-rata PDRB per kapita koridor.

Lanjutnya, penghargaan ini merupakan buah kerja keras semua stakeholder terkait di Sumbar dan penghargaan ini merupakan penghargaan untuk masyarakat Sumbar baik yang diranah ataupun yang dirantau.

“Kita jangan terlena dengan adanya penghargaan yang didapat, namun dengan adanya penghargaan ini menambah motivasi kita semua untuk berbuat lebih baik lagi demi Sumbar yang sejahtera,” pungkasnya.

Singgalang, 2 Oktober 2017

Sumber: irwan-prayitno.com

Share with your friends

Give us your opinion

Pemberitahuan
Jangan lupa untuk like dan subscribe PKS Sumbar.
Done