Ramadan Momentum Memperbaiki Diri - PKS Sumbar
News Update
Loading...

15 Maret 2024

Ramadan Momentum Memperbaiki Diri

Oleh: Ustadz Boy Hadi Kurniawan 

Kita bersyukur kepada Allah subhanahu wa ta'ala, pada bulan Ramadan yang penuh dengan berkah ini kita masih diberi oleh Allah kesempatan untuk dapat terus memperbaiki diri kita dan meningkatkan iman dan taqwa kita kepada Allah subhanahu wa ta'ala. Dengan membaca tulisan ini adalah upaya untuk memperbaiki dengan menambah ilmu, dan semoga ilmu ini dapat memacu diri kita untuk meningkatkan iman dan taqwa kita kepada sang pencipta. Aamiin.

Ramadan adalah sarana bagi kita untuk meningkatkan kualitas diri kita atau untuk melakukan perubahan-perubahan terhadap diri kita untuk menjadi lebih baik, diantaranya:

1. Mengikatkan  iman Dan hubungan kita dengan Allah subhanahu wa ta'ala

Tepat bagi kita untuk meningkatkan iman kita kepada Allah subhanahu wa ta'ala dengan berpuasa Ramadan dan menghidupkan malamnya.  Karena, ramadhan saat yang tepat  untuk meningkatkan iman kita kepada Allah subhanahu wa taala memperbaiki hubungan kita dengan Allah.

 " Sebagimana kita ketahui bahwa ramadannya adalah bulan yang penuh dengan berkah pintu surga dibuka selebar-lebarnya dan pintu neraka ditutup."

Maka, kesempatan bagi kita untuk meraih ridho dan berkah dari Allah subhanahu wa ta'ala.

2.  Ramadan  momentum bagi kita untuk memperbaiki akhlak dan kepribadian kita.

Berpuasa kita tidak hanya sekedar menahan haus dan lapar saja, tetapi kita juga mengendalikan hawa nafsu kita mengendalikan syahwat tulisan kita, mengendalikan pikiran dan hati kita, serta  memperbaiki akhlak kita. Mungkin jika selama ini ada akhlak kita yang masih belum baik, maka  Ramadan mengajarkan kepada  kita untuk menjadi pribadi yang harus mampu memiliki akhlak yang baik. Misalnya tentang kejujuran, karena kejujuran hsail dari akhlak yang baik.

Dalam hadis rasulullah menyampaikan,  "Sesungguhnya aku diutus untuk memperbaiki akhlak manusia".

Maka kesempatan bagi kita untuk memperbaiki akhlak dan perilaku kita menjadi lebih baik.

3. Ramadan untuk memperbaiki ibadah kita 

Ramadan menjadi momentum untuk memperbaiki ibadah yang kita lakukan, dan mengevaluasi setiap ibadah yang kita lakukan untuk menjadi lebih baik. Ibadah salat misalnya,  ibadah salat merupakan amal yang pertama dihisab nanti di hari kiamat, maka dengan kita berpuasa di bulan Ramadan kita mampu untuk melaksanakan salat subuh berjamaah di masjid bahkan kita mampu untuk melaksanakan salat tarawih, witir berjamaah di masjid.

Sesungguhnya amal yang paling pertama dihisab nanti di hari kiamat adalah  Salat.

"Jika baik salatnya maka di terimalah amalan lainnya, jika buruk salatnya atau tidak diterima salatnya maka tidak diterima tidak diterima pula amalan lainnya."

Maka dengan Ramadan ini, kita dapat mengevaluasi bagaimana Salat kita, bacaan Al-Qur'an kita, sedekah kita, lisan kita dan amalan lainnya.

Semoga bermanfaat, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Sumber : YouTube PKS TV Sumbar
Penulis  :  Ridwan Syafrullah, SE

Share with your friends

Give us your opinion

Pemberitahuan
Jangan lupa untuk like dan subscribe PKS Sumbar.
Done