Tuntunan Politik dalam Islam - PKS Sumbar
News Update
Loading...

25 Maret 2024

Tuntunan Politik dalam Islam


Berbagai aspek kehidupan manusia diatur dalam Islam, Islam sebagai agama yang kaffah (menyeluruh) memberikan pengarahan yang jelas bagi umat Islam, yang mana setiap aktivitas kehidupan berlandaskan kepada Alquran dan hadis.

Termasuk dalam aktivitas kepentingan, pribadi, keluarga, dan bermasyarakat. Termasuk berpolitik. Politik, merupakan suatu langkah  melibatkan untuk pengambilan keputusan dan distribusi kekuasaan. Secara umum, politik mencakup berbagai aktivitas, proses, dan institusi yang berkaitan dengan pengaturan dan penyelenggaraan kehidupan bersama dalam bermasyarakat. Melakukan  berbagai pembentukan dan implementasi kebijakan publik dan perencanaan.

Dalam Islam juga mengajarkan kepada kita ilmu serta contoh menjadi seorang yang mengedepan hajat orang banyak serta menjadi seorang pemimpin yang baik. Salah satu partai yang mengedepankam visioner menjadi partai rahmatan Lil alamin adalah partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Namun secara konteks yang lebih luas, politik juga memiliki berbagai kepentingan untuk mempengaruhi proses pengambilan keputusan dan memperoleh kekuasaan, sistem pemerintahan, struktur kelembagaan, proses legislatif, hubungan internasional, dan berbagai aspek lain dari organisasi dan fungsi negara.

Dengan demikian, prinsip politik dalam Islam memiliki landasan yang kuat dalam ajaran agama dan prinsip-prinsip moral. Berikut adalah beberapa prinsip politik dalam Islam:

1. Kepatuhan kepada Hukum Allah (Syariat): Prinsip utama yang harus dimiliki Islam adalah (tauhid ) keyakinan untuk  menjalankan hukum-hukum Allah sebagaimana yang terdapat dalam Al-Qur'an dan Sunnah Nabi Muhammad ï·º. yang mencangkup  aspek keadilan, kejujuran, kebijaksanaan, dan moralitas.

2. Keadilan Sosial: Islam menganjurkan adanya distribusi kekayaan dan keadilan sosial yang merata di masyarakat. Prinsip ini menekankan pentingnya mengurangi kesenjangan sosial dan memberikan perlindungan kepada mereka yang membutuhkan.

3. Konsultasi (Syura): Islam mendorong untuk mengambil keputusan secara musyawarah dan mendengarkan pendapat semua pihak terkait dalam masalah politik. Prinsip ini diambil dari ajaran Islam tentang syura yang terdapat dalam Al-Qur'an.

4. Kemerdekaan Individu dan Kebajikan Umum: Islam menghargai kemerdekaan individu dan hak-hak asasi manusia, namun juga menekankan pentingnya mengutamakan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi.

5. Kemakmuran dan Kesejahteraan: Prinsip politik dalam Islam menekankan pentingnya menciptakan kondisi yang mendukung kemakmuran dan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat.

Sumber Referensi:

Esposito, John L. (2003). The Oxford Dictionary of Islam.
Al-Sibai, Mustafa (1997). Islamic Political Thought: The Basic Concepts.

Share with your friends

Give us your opinion

Pemberitahuan
Jangan lupa untuk like dan subscribe PKS Sumbar.
Done