Pages

Sabtu, 13 Juni 2015

Tour de Singkarak Genjot Laju Ekonomi Sumbar

Jakarta – Ajang turnamen balap sepeda Tour de Singkarak yang digelar di setiap tahunnya dinilai mampu meningkatkan perekonomian Provinsi Sumatra Barat (Sumbar). Hal tersebut diungkapkan Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno.

“Tour de Singkarak memberikan nilai yang berarti bagi kami di Sumatra Barat. Dampaknya sangat terasa pada perekonomian,” kata Irwan di kantor Kementerian Pariwisata, Jakarta, Jumat (12/6).
Menurut Irwan, peningkatan jumlah wisatawan lokal maupun mancanegara menjadi dampak paling signifikan dari Tour de Singkarak. “Yang paling terasa, Sumatra Barat jadi dikenal dunia,” katanya penuh bangga.

Pria yang kembali mencalonkan diri sebagai Gubernur Sumatera Barat dalam Pilkada 2015 itu menjelaskan pariwisata Ranah Minang yang sempat menurun saat terjadinya gempa berkekuatan 7,9 skala Richter pada 2009, kembali bangkit berkat adanya Tour de Singkarak.

“Setelah gempa, jumlah wisatawan menurun drastis, anjlok. Orang jadi khawatir akan adanya gempa susulan. Tapi saat Tour de Singkarak digelar tiap tahun, orang mulai melupakan peristiwa tersebut dan kembali datang ke Sumatera Barat,” kata Irwan.

Tidak hanya sektor pariwisata yang mendapatkan dampak positif dari pergelaran Tour de Singkarak. Sektor lainnya pun mendapat berkah. “Akomodasi, hotel, tenaga kerja, ekonomi rakyat juga mendapatkan manfaatnya,” kata Irwan.

Lebih lanjut, Irwan mengatakan, saat ini banyak hotel yang dibangun di beberapa wilayah wisata di Sumatera Barat. “Sejak 2009, penambahannya lebih dari 2.000 kamar. Itu belum terhitung pembangunan hotel-hotel baru,” tegas Irwan.

Untuk diketahui, Tour de Singkarak kembali akan digelar pada 3-11 Oktober 2015. Tour akan terbagi dalam 9 etape yang melintasi seluruh kabupaten di Sumbar.

Dimulai dari Pesisir Selatan menuju Padang Pariaman, dilanjutkan menuju Kabupaten Solok, Sijunjung, Dharmasraya, Solok Selatan, Sawahlunto, Bukittinggi, Tanah Datar, Payakumbuh, Limapuluh Kota, Pasaman, Pasaman Barat, Agam, Padang Panjang, dan berakhir di Kota Padang.

/ED
Antara

beritasatu.com 13 Juni 2015

0 komentar:

Posting Komentar