Pages

Jumat, 19 April 2013

PKS Incar 20 Persen DPRD Sumbar, Partai Pertama yang Daftar ke KPU Sumbar

Padang — Sebanyak 65 orang bakal calon legislatif (bacaleg) Partai Keadilan Se­jah­tera (PKS) untuk DPRD Sumbar, resmi didaftarkan oleh pengurus DPW PKS Sum­bar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar, guna diverifiaksi untuk Daftar Ca­lon Sementara (DCS), pada Rabu (17/4) siang. 

Pendaftaran hari itu men­jadikan PKS sebagai partai pertama peserta pemilu yang mendaftarkan calonnya, sejak KPU Sumbar membuka wak­tu pendaftaran Bacaleg pada 9 April lalu. Sedangkan pe­nye­rahan berkas pendaftaran bacaleg PKS itu diterima lang­sung Ketua KPU Sumbar Mar­zul Veri dari Sekretaris Umum DPW PKS Sumbar, Gustami Hidayat.

“Ada 65  orang caleg yang kami daftarkan. Jumlah itu sesuai dengan kuota kursi untuk DPRD Sumbar pada Pileg 2014 mendatang dan didalamnya ada kuota untuk bacaleg perempuan sebesar 36,9 persen atau 24 pe­rem­puan dan 41 laki-laki,” kata Gustami Hidayat kepada Pa­dang Ekspres, seusai men­daftar.

Menurutnya, dari porsi yang kami tetapkan, keter­wakilan perempuan dalam bacaleg itu lebih besar dari perintah Undang-undang yai­tu 30 persen. Hal itu sebagai bukti bahwa PKS sangat pe­duli dengan kaum perempuan Dan mereka merupakan ka­der-kader terbaik kami,” ulas mantan anggota DPRD Pesisir Selatan itu didampingi Wakil Ketua Umum, Marfendi, Ke­tua Bidang Pemenangan Pe­milu, Sultani, Ketua Bidang Pemberdayaan Ekonomi, Ah­mad Sidik.

Ditambahkan dari nama-nama bacaleg PKS yang di­daf­tarkan itu, komposisi yang dibuat cukup berimbang. Mi­sal­nya 40 persen dari Kader, 40 persen dari tokoh ma­syarakat dan 20 persen dari simpatisan dengan minimal pendidikan sarjana.       

Hal lainnya, sebut Gus­tami, DPW PKS juga masih menaruh kepercayaan kepada kadernya yang kini duduk di DPRD Sumbar. Buktinya lima anggota PKS di DPRD itu tetap didaftarkan untuk maju kembali ke provinsi.

“Ini juga jadi bukti bahwa PKS tak kekurangan kader yang berkualitas. Dan itu makin menyakinkan kami bila target 20 kursi DPRD Sumbar bisa kami wujudkan dan bisa meraih tiga besar dalam Pe­mi­lu 2014,” jelas Gustami lagi.

Sedangkan Ketua KPU Sumbar, Marzul Veri me­ngapresiasi langkah DPW PKS yang lebih dulu men­daftarkan bacalegnya ke KPU. Meski masih ada waktu ja­ngan ditunda-tunda lagi lang­sung saja mendaftar.

“Kami di KPU siap me­nerima. Jangan sampai nanti malah diakhir-akhir waktu banyak yang mendaftar ini yang malah akan menga­ki­bat­kan persoalan,” kata Marzul Veri.

Targetkan 6 Kursi di Padangpanjang

Sementara di Pa­dang­pan­jang Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Pa­dang­panjang, Abrar Dt Nan Balimo mengakui bakal terjadinya persaingan ketat dengan kon­disi jumlah partai peserta Pemilu yang semakin ramping. Namun demikian, PKS telah menetapkan target pe­rolehan kursi di DPRD untuk periode 2014-2019 sedikitnya 6 kursi.

“Dengan segala persiapan dan strategi partai, seluruh elemen PKS bertekad meraih hasil maksimal dengan 6 kursi untuk 2014 mendatang. PKS terhadap bakal caleg yang sudah ditetapkan untuk se­mentara itu, ditegaskan untuk dapat menjaga hubungan sila­tura­him dengan masyarakat,” ungkap Abrar yang juga kem­bali mencalonkan diri sebagai wakil rakyat dari Daerah Pe­milihan (Dapil) Pa­dang­pan­jang Timur itu kepada Pa­dang Ekspres.

Abrar yang saat ini masih duduk sebagai anggota DPRD dari PKS itu, menjawab opti­mis dapat meraih target me­menangkan Pemilu 2014 ber­sama rakyat Padangpanjang. Disebutkannya, PKS dalam sebagai perpanjangan tangan rakyat di legislatif telah men­jalankan fungsinya dengan maksimal dalam mengawal kebijakan pemerintah yang berkaitan dengan ke­pe­n­ti­ngan masyarakat.

Sementara bakal caleg PKS dari Dapil Pa­dang­pan­jang Barat, Nasrullah Nuk­man yang merupakan koor­dinator PKS wilayah V juga mengaku optimis me­wu­jud­kan target perolehan kursi partai tersebut di DPRD pe­riode mendatang. Bersama beberapa bakal caleg PKS di Dapil yang sama, Nasrullah yang pernah duduk di DPRD Padangpanjang itu berkeya­kinan kuat sukses dengan kehadiran figur-figur segar di antaranya Kurniawan, SN Hamdi dan Satria Asmal.

Selain sejumlah bakal ca­leg Dapil Padangpanjang Ba­rat lainnya, tiga figur tersebut diakui Nasrullah memiliki kans besar untuk duduk di kursi dewan. Terutama sosok Kurniawan yang saat ini du­duk sebagai salah seorang anggota dewan, tentunya sa­ngat berpeluang melanjutkan baktinya memperjuangkan aspirasi masyarakat yang me­ru­pakan cita-cita mulia partai PKS sebagai wakil rakyat.

“Demikian juga sejumlah figur lainnya, termasuk saya, Insya Allah selama ini masih konsisten menyalurkan aspi­rasi masyarakat melalui keter­wakilan partai di DPRD. Hal itu merupakan wujud kon­sistensi kami sebagai politisi aktif, yang komit mem­per­juang­kan aspirasi masyarakat sekalipun tidak duduk di kursi dewan. Mudah-mudahan de­ngan semakin banyak ter­pilih­nya figur-figur politisi PKS sebagai anggota DPRD, akan semakin kuat mem­per­juang­kan aspirasi masyarakat,” jawab Nasrullah di Kantor DPD PKS setempat, kemarin. (*)

Padang Ekspres

0 komentar:

Posting Komentar