Pages

Minggu, 05 April 2015

4 Daerah di Sumbar Siaga Difteri

Padang - Ketua Komisi V DPRD Sumatera Barat (Sumbar), Mockhlasin, mengatakan, empat daerah di provinsi itu dinyatakan sebagai siaga difteri.

"Empat daerah yang sudah berstatus siaga difteri ditetapkan berdasarkan kajian dan koordinasi dengan pihak terkait," katanya di Padang, Minggu (5/4).

Ia menyebutkan daerah yang berstatus siaga difteri tersebut yakni, Kabupaten Padang Pariaman, Kota Pariaman, Kabupaten Solok, dan Kabupaten Pesisir Selatan.

Penetapan empat daerah tersebut, setelah ditetapkannya Kota Padang sebagai kasus luar biasa (KLB) Difteri pada Januari 2015 lalu.

Ia menjelaskan, penetapan status siaga dilakukan untuk mengunci penyebaran virus difteri terhadap daerah-daerah yang dimaksud.

Dikatakannya, untuk mencegah penyebaran virus tersebut, daerah- daerah itu perlu melakukan langkah pencegahan dan penanganan termasuk imunisasi secara menyeluruh.

Untuk mendukung penanangan difteri itu kata Mochklasin, Pemprov melalui DPRD Sumbar akan mengucurkan dana pada masing-masing daerah mencapai Rp 5 miliar. Dana itu diperuntukkan sebagai biaya operasional, dan penyediaan vaksin.

"Khusus untuk Kota Padang yang berstatus KLB, dana yang disediakan untuk imunisasi tahap satu sampai selesai adalah sekitar Rp 15 miliar," katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Sumbar, Rosnini Savitri, mengatakan, sejak ditetapkannya Padang sebagai KLB pada awal tahun 2015 lalu, jumlah masyarakat yang terindikasi virus difteri ini mencapai 62 orang.

"Setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, enam dari 62 orang tadi dinyatakan positif. Sementara satu orang di antaranya meninggal. Kemudian yang lain dinyatakan suspect dan terus mendapat penanganan yang lebih lanjut," katanya.

/EPR
Antara

beritasatu.com 5 April 2015

0 komentar:

Posting Komentar