Pages

Kamis, 11 Juni 2015

Payakumbuh Terima IGA 2015

PAYAKUMBUH, HALUAN — Terbukti peduli dengan pelestarian lingkungan hidup dan ekosistem. Pemerintah Kota Payakumbuh menerima penghargaan Indonesia Green Awards (IGA) 2015.
Hanya tiga kota di In­donesia yang menerima peng­­­­­hargaan tersebut, Bumi Serpong Damai (BSD) di Jabar dan Kota Bontang, di Kaltim. Penghargaan IGA itu diterima oleh Walikota Pa­ya­kumbuh diwakili Ke­pala Kantor Lingkungan Hidup, Ir. Syamsurial, M.Si, dari Menteri Lingkungan Hidup Siti Nurbaya Bakar, dalam acara di Hotel In­donesia Kempinski Jakarta, Ka­mis (4/6). Ikut men­dam­pingi Kepala Kantor LH dalam penerimaan IGA itu, Kabid Bina Marga Zul Ar­man, ST dan Kasi PSDA KLH Mas­rizal. Ada tiga kementerian yang beker­jasama dengan The La Tofi School of CSR yang ber­pusat di Jakarta.

Bagi Payakumbuh, peng­hargaan IGA tahun ini meru­pakan yang ketiga kalinya. Menurut pantauan Kemen­terian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kemen­terian Perindustrian dan Kemen­terian Kelautan dan Peri­kanan RI serta The La Tofi School of CSR, selaku penye­lenggaran IGA 2015, Paya­kumbuh cukup peduli dengan program lingkungan hidup.

Keterangan Kepala Ling­kungan Hidup Paya­kum­buh, Syamsurial, program lingkungan hidup kategori green city yang dinilai, di anta­ranya program ling­kungan hijau, pengendalian pencemaran udara dan air, pengeloaan sampah terpadu serta kampanye budaya hi­dup bersih dan sehat. Dalam pro­gram tersebut, Paya­kum­buh selangkah lebih maju dibanding daerah lain.

Dikatakan, penghargaan berupa piala IGA itu, sete­lah diterima Kepala LH Syam­surial di Jakarta, di­serahkan kepada Walikota Paya­kum­buh Riza Falepi, dan selan­jutnya diteruskan kepada Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno, da­lam acara di Balairung ru­mah dinas kediaman wali­kota di Jalan Rky. Rasuna Said Payakum­buh, Selasa (9/6) sore.

Gubernur Irwan Pra­yitno usai menerima peng­hargaan dan piala IGA,  mem­­­­­berikan apresiasi ke­pada Pemko Paya­kum­buh, di bawah pimpinan Walikota Riza Falepi, yang cukup peduli dengan program ling­kungan hidup. Gubernur juga sangat bangga, Paya­kum­buh telah menye­lamat­kan nama Sumatera Barat di iven tingkat nasional. Pres­tasi ini diminta gubernur, untuk terus ditingkatkan, dalam upaya membentuk sikap dan budaya ma­sya­rakat dengan pelestarian lingkungan hidup, demi anak cucu di masa datang.

Selain kategori green city, dalam penilaian IGA 2015, juga diberikan kepada penginspirasi komunitas, green provinsi, the best IGA kepada perusahaan swasta nasional yang memberikan CSR-nya buat lingkungan hidup serta buat individu atau the best inspiring. Ter­hadap kategori lainnya itu, Payakumbuh tak ikut, sebut Syamsurial.

Walikota Riza Falepi, berharap, prestasi IGA itu berlanjut dengan Piala Adi­pura 2015. Khusus Piala Adipura ini, yang seharusnya diterima pada peringatan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia 2015, di Jakarta, akan diberikan pada upacara Ha­ri Proklamasi RI, 17 Agus­tus mendatang di Istana Negara Jakarta. “Peluang Payakumbuh dalam Adi­pura ini masih terbuka,” ulasnya. (h/zkf)

harianhaluan.com 11 Juni 2015

0 komentar:

Posting Komentar