Pages

Jumat, 12 Juni 2015

Warga Sumbar Siap Muliakan Etnis Rohingya

Tajuk.co  PADANG – Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengukuhkan berdirinya Komite Nasional Solidaritas Rohingya (KNSR) Sumbar, Kamis (11/6) siang di Auditorium Gubernuran Provinsi Sumbar. Sebelum melakukan deklarasi dengan menorehkan tandatangan di Piagam Deklarasi KNSR Sumatera Barat, Irwan menyatakan sebagai manusia yang memiliki nurani, kasus pengungsi Rohingya tak memerlukan komentar apapun.

“Ini persoalan kemanusiaan, maka sepatutnya nurani kita harus menjawabnya. Jika saya ditanya bagaimana sikap Pemda Sumbar, tentu kami katakan kalau mereka datang ke wilayah kami akan kami sambut dengan tangan terbuka. Kami terima, kami layani, dan kami beri mereka naungan selayaknya,” ujar Irwan di hadapan hadirin.

Jika APBD Sumbar tak bisa mendukung niatan warga Sumbar, Irwan menyatakan para muhsinin (orang-orang baik)  di Sumbar siap menyokongnya.

“Kita dapat  gunakan juga dana zakat untuk membantu mereka. Pengungsi Rohingya ini masuk ke dalam salah satu asnaf (golongan) penerima zakat. Kami mendukung gerakan KNSR di Sumbar, mari kita dukung gerakan kepedulian untuk saudara kita dari Rohingya ini,” ajak Irwan disambut tepuk hadirin.

Menurut Presiden KNSR Pusat Syuhelmaidi Syukur, KNSR sudah dideklarasikan di Aceh, Sumatera Utara, Jawa Barat, Yogyakarta,  Kepulauan Riau, dan Sumatera Barat. Segera menyusul deklarasi di Riau,  Jawa Timur, Bali, NTB, Sulawesi Selatan, Kalimantan Timur, Selatan , Lampung, Banten, Jawa Tengah, Sumatera Selatan dan Bengkulu.

“Semoga solidaritas ini harus bisa menjadi pemahaman bersama, pemahaman dunia. Ada gerakan bersama bahkan hingga ke level internasional untuk advokasi dan diplomasi kemanusiaan,” pungkas Syuhelmaidi. (AHY)

tajuk.co 12 Juni 2015

0 komentar:

Posting Komentar