Pages

Jumat, 10 Juli 2015

1.200 Personil Amankan Lebaran di Sumbar

PADANG, HALUAN — Dua pertiga kekuatan Polri di Sumbar, plus instansi terkait seperti TNI, Dishub dan Pol PP serta unsur lainnya, terlibat pengamanan Lebaran melalui Operasi Ketupat Singgalang 2015.

Pasukan yang terlibat, unjuk kekuatan dalam apel yang dipimpin Gubernur Irwan Prayitno di Ruang Terbuka Hijau Taman Imam Bonjol Padang, Kamis (9/7).  Gubernur mengatakan, dua pertiga kekuatan itu yang jumlahnya mencapai 1.200 personil itu akan dibagi di 84 pos pengamanan dan pelayanan mudik untuk mengamankan lalu lintas.

Diperkirakan jumlah pemudik pada tahun ini meningkat hingga 20 persen dibanding lebaran tahun sebelumnya. Pemudik akan memuncak pada H-3 sampai pada H+3 lebaran.

Dalam hal ini, kepolisian dan instansi terkait juga bekerjasama dengan pihak Jasa Raharja menghadapi lebaran 1436 dimulai dari H-7 sampai H+7. Kerjasama ini antara lain, adanya pos di Lading Padi Lintas Sumatra Kota Padang, Terminal Aur Kuning Bukittinggi dan Terminal Bareh Solok.

“Secara protap dan SOP kegiatan operasi ketupat Singgalang sudah berjalan lancar termasuk laporan tahun lalu, juga sukses. Untuk itu, diharapkan tahun ini akan lebih baik lagi,” ujar Irwan.
Sementara itu, beberapa lokasi rawan macet di Sumbar akan dipetakan menjadi 24 lokasi yang tersebar di Padang-Bukittinggi-Payakumbuh-Malibo Anai-Sitinjau Lauik-Jalur Masuk Jam Gadang-Pasar Pa­dang Luar Kilometer 86.

Sejumlah daerah juga meng­gelar apel serupa di wilayah masing-masing. Kapolres Sijun­jung AKBP Dwi Sulistyawan pada apel tersebut mengatakan, ada 222 personil yang terlibat dalam operasi serupa di Sijunjung.

“Untuk mengantisipasi keja­ha­tan di masyarakat, kami tugas­kan anggota untuk melakukan patroli dan mengawasi kawasan-kawasan rawan tindak kejahatan, seperti pencurian serta aksi keja­hatan lainnya” ungkapnya.

Dwi menambahkan pengama­nan Lebaran juga dibantu dari jajaran TNI untuk mem-back up pengamanan, dan juga dibantu dari Dishub, Satpol PP, dan Dinas Kesehatan.

Di Batusangkar, Kapolres Tanah Datar AKBP Nina Febri Linda menyebutkan tahun ini operasi ketupat juga didukung unsur TNI, Pol PP, Dishub, BPDB, Dinas PU dan Kesehatan. Sedangkan, ada 315 personil yang terlibat, 206 di antaranya adalah anggota Polri. Hal ini dikatakan Nina pada  apel gelar pasukan pengamanan Idul Fitri 1436 H di depan lapangan Cindua Mato, Batusangkar, Kamis (9/7).

“Tahun ini kita mendirikan empat Posko, dua posko pela­yanan yaitu di Ombilin dan Sungai Tarap, dua Pospam yaitu di depan lapangan Cindua Mato dan di Lima Kaum,” sebut Kapo­lres AKBP Nina Febri Linda.

Dikatakan Nina, selama Ra­madan setiap hari Polres bersama jajaran hingga Polsek rutin meng­gelar razia miras dan berbagai jenis mercon yang mengganggu masyarakat dalam melaksanakan ibadah. “Saat ini sebanyak 60 ribu buah mercun dengan berbagai jenis dan merek kita musnahkan, ini sangat mengganggu masya­rakat dalam melaksanakan iba­dah shalat tarwih dan sahur dan shalat subuh,” sebut Kapolres.

Sementara itu, Kepolisian Resor Agam melibatkan 243 personil untuk  Hari Raya Idul Fitri 1436 (Lebaran) Hijriah Tahun 2015. Menurutnya seluruh personil sudah dipersiapkan sebaik mungkin sehingga pelak­sanaan operasi ketupat bisa berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kapolres Agam, AKBP Eko Budhi Purwono, usai apel gelar pasukan pengamanan, hari Raya Idul Fitri 1436 Hijriah,  di halaman Mako Polres Agam, Kamis (9/7). Ia mengatakan sejak jauh- jauh hari pihaknya sudah mempersiapkan kesiapan dalam menyongsong, pengamanan operasi ketupat.  (h/mg-win/ogi/fma/yat)

harianhaluan.com 10 Juli 2015

0 komentar:

Posting Komentar