Pages

Sabtu, 21 Juli 2012

Gubernur Apresiasi Camat, Wali Nagari dan Seknag Terbaik

Padang, Padek—Tiga camat dan empat wali nagari serta tiga sekretaris nagari terpilih sebagai camat, wali nagari/lurah dan sekretaris nagari terbaik tingkat provinsi Sum­bar. Tiga camat itu adalah ca­mat Baso Kabupaten Agam, ca­mat Payakumbuh Selatan, camat Rao Kabupaten Pa­sa­man.

Sedangkan wali nagari ter­baik adalah wali nagari Nan Tujuah Kabupaten Agam, wali nagari Guguak Malalo, Ka­bu­paten Tanahdatar, wali nagari Airmanggih Kabupaten Pa­saman dan lurah Aurkuning Kota Payakumbuh.

Sekretaris nagari terbaik adalah sekretaris nagari Am­pek­gadang Kecamatan Ampek Angkek, Agam, Sekretaris  Na­gari Ujunggading Kecamatan Lembahmalintang Kabupaten Pasaman Barat dan Sekretaris  Nagari Limokoto, Kecamatan Bonjol, Kabupaten Pasaman.

Pemprov Sumbar mem­berikan hadiah umrah bagi seluruh camat, wali nagari dan sekretaris nagari terbaik itu, dengan harapan dapat me­macu semangat dan motivasi setiap peraih penghargaan tersebut.

Hal ini diungkap Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, ke­marin (20/7). “Pemerintah Provinsi Sumbar telah melak­sa­nakan beberapa penilaian terhadap aparatur pemerintah di kabupaten/kota se Sumbar. Camat, wali nagari dan se­kre­taris nagari diuji kom­pe­ten­sinya,” ujarnya.

Dia menyebutkan, peni­la­ian kompetensi camat dila­ku­kan dalam rangka pembinaan dan peningkatan kinerja ca­mat. Sebab, kerja camat berat yakni melaksanakan tugas umum pemerintahan serta kewe­na­ngan pemerintahan yang di­limpahkan oleh bupati/wali kota untuk menangani se­ba­gian urusan otonomi daerah.

Pemprov Sumbar telah melaksanakan penilaian kom­petensi camat. Hasilnya, camat terbaik bidang pemerintahan diraih Camat Baso I Putu Ven­da, camat  terbaik di bidang pembangunan diraih Camat Payakumbuh Selatan Elfriza Zaharman, camat  terbaik bidang kemasyarakatan diraih oleh Rao, Pasaman, Her­man­syah.

Penilaian kompetensi tidak hanya dilakukan pada camat, tapi juga pada wali nagari. Wali nagari Nan Tujuah Kabupaten Agam Hendrizal PK Mudo terpilih sebagai wali nagari terbaik di bidang pe­nye­leng­garaan pemerintahaan. Se­mentara di bidang pe­ngem­ba­ngan ekonomi dan pengen­tasan kemiskinan diraih oleh Wali Nagari Guguak Malalo Kabupaten Tanahdatar Her­man Sugiarto.

Selanjutnya, wali nagari terbaik di bidang pelestarian nilai-nilai adat, budaya dan agama diraih oleh wali nagari Aiamanggih, Kabupaten Pasa­man Yoharman, sedangkan wali nagari/lurah terbaik bi­dang pemberdayan ma­sya­rakat di­pilih Lurah Aurkuning Kota Payakumbuh, Irnaldi.(ayu)

Padang Ekspres 21 Juli 2012

0 komentar:

Posting Komentar