Gubernur Apresiasi Camat, Wali Nagari dan Seknag Terbaik - PKS Sumbar
News Update
Loading...

21 Juli 2012

Gubernur Apresiasi Camat, Wali Nagari dan Seknag Terbaik

Padang, Padek—Tiga camat dan empat wali nagari serta tiga sekretaris nagari terpilih sebagai camat, wali nagari/lurah dan sekretaris nagari terbaik tingkat provinsi Sum­bar. Tiga camat itu adalah ca­mat Baso Kabupaten Agam, ca­mat Payakumbuh Selatan, camat Rao Kabupaten Pa­sa­man.

Sedangkan wali nagari ter­baik adalah wali nagari Nan Tujuah Kabupaten Agam, wali nagari Guguak Malalo, Ka­bu­paten Tanahdatar, wali nagari Airmanggih Kabupaten Pa­saman dan lurah Aurkuning Kota Payakumbuh.

Sekretaris nagari terbaik adalah sekretaris nagari Am­pek­gadang Kecamatan Ampek Angkek, Agam, Sekretaris  Na­gari Ujunggading Kecamatan Lembahmalintang Kabupaten Pasaman Barat dan Sekretaris  Nagari Limokoto, Kecamatan Bonjol, Kabupaten Pasaman.

Pemprov Sumbar mem­berikan hadiah umrah bagi seluruh camat, wali nagari dan sekretaris nagari terbaik itu, dengan harapan dapat me­macu semangat dan motivasi setiap peraih penghargaan tersebut.

Hal ini diungkap Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, ke­marin (20/7). “Pemerintah Provinsi Sumbar telah melak­sa­nakan beberapa penilaian terhadap aparatur pemerintah di kabupaten/kota se Sumbar. Camat, wali nagari dan se­kre­taris nagari diuji kom­pe­ten­sinya,” ujarnya.

Dia menyebutkan, peni­la­ian kompetensi camat dila­ku­kan dalam rangka pembinaan dan peningkatan kinerja ca­mat. Sebab, kerja camat berat yakni melaksanakan tugas umum pemerintahan serta kewe­na­ngan pemerintahan yang di­limpahkan oleh bupati/wali kota untuk menangani se­ba­gian urusan otonomi daerah.

Pemprov Sumbar telah melaksanakan penilaian kom­petensi camat. Hasilnya, camat terbaik bidang pemerintahan diraih Camat Baso I Putu Ven­da, camat  terbaik di bidang pembangunan diraih Camat Payakumbuh Selatan Elfriza Zaharman, camat  terbaik bidang kemasyarakatan diraih oleh Rao, Pasaman, Her­man­syah.

Penilaian kompetensi tidak hanya dilakukan pada camat, tapi juga pada wali nagari. Wali nagari Nan Tujuah Kabupaten Agam Hendrizal PK Mudo terpilih sebagai wali nagari terbaik di bidang pe­nye­leng­garaan pemerintahaan. Se­mentara di bidang pe­ngem­ba­ngan ekonomi dan pengen­tasan kemiskinan diraih oleh Wali Nagari Guguak Malalo Kabupaten Tanahdatar Her­man Sugiarto.

Selanjutnya, wali nagari terbaik di bidang pelestarian nilai-nilai adat, budaya dan agama diraih oleh wali nagari Aiamanggih, Kabupaten Pasa­man Yoharman, sedangkan wali nagari/lurah terbaik bi­dang pemberdayan ma­sya­rakat di­pilih Lurah Aurkuning Kota Payakumbuh, Irnaldi.(ayu)

Padang Ekspres 21 Juli 2012

Share with your friends

Give us your opinion

Pemberitahuan
Jangan lupa untuk like dan subscribe PKS Sumbar.
Done