Pages

Sabtu, 20 Oktober 2012

Irwan Prayitno: Penjaminan Kredit Jamkrida Bukan Hanya bagi PNS

Padang - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno mengatakan, penjaminan kredit oleh pemerintah provinsi ini melalui BUMD PT Penjaminan Kredit Daerah (Jamkrida) bukan ditujukan hanya untuk nasabah dari pegawai negeri sipil (PNS).

Prosentase penjaminan kredit untuk PNS oleh PT Jamkrida nantinya tidak akan lebih besar dari yang diberikan kepada pelaku usaha, terutama dari kalangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), katanya di Padang, Sabtu.

Hal itu ditegaskannya, menjawab pendapatan Fraksi Hanura DPRD Sumbar yang menyebutkan pada PT Jamkrida di Jawa Timur dan Bali justru terbesar nasabahnya dari kalangan PNS.

Fraksi Hanura menyebutkan, di Jawa Timur dan Bali PT Jamkrida sebagian besar nasabah adalah kalangan yang mempunyai hubungan baik dengan pihak perbankan yakni PNS.

Jika hal itu diterapkan pula pada PT Jamkrida Sumbar yang akan didirikan Pemprov daerah ini, maka pembentukan BUMD tersebut tidak sesuai dengan misi dan harapan pemerintah.

Pemprov telah menyebutkan misi pendirian PT Jamkrida itu orientasi penjaminan kredit BUMD ini adalah kalangan UMKM, bukan untuk kredit yang tidak memiliki resiko besar seperti pada kalangan PNS, kata pendapat Fraksi Hanura.

Pemprov Sumbar juga berencana memdirikan BUMD PT Jamkrida dan aturan hukum pendiriannya berupa Peraturan Daerah (Perda) telah diajukan rancangannya kepada DPRD Sumbar dan kini dalam pengodokan dan pembahasan di lembaga wakil rakyat itu.

Menurut Prayitno, prosentase penjaminan kredit oleh PT Jamkrida untuk UMKM hanrus lebih besar karena sesuai dengan misi pemerintah daerah dalam mendirikan BUMD tersebut.

Jamkrida didirikan dengan misi utama mendorong kemajuan UMKM sehingga dapat pula meningkatkan perekonomian daerah sekaligus kemakmuran masyarakat Sumbar, tambahnya.

Ia mengatakan, UU Nomor 32 tahun 2004 telah memberi tugas dan tanggungjawab kepada pemerintah daerah untuk memfasilitasi kegiatan UMKM di daerahnya dan untuk mengoptimalkan maksud serta tujuan tersebut maka Pemprov sumbar bermaksud mendirikan PT Jamkrida.

Gubernur menambahkan, dengan berdirinya PT Jamkrida diharapkan bisa membantu menyelesaikan masalah dihadapi UMKM untuk lebih berkembang, terutama dalam masalah permodalan.

Diharapkan BUMN ini dapat membantu mencukupi permodalam UMKM untuk dapat lebih berkembang dengan baik, katanya. (H014)


antaranews.com 20 Oktober 2012

0 komentar:

Posting Komentar