Pages

Minggu, 12 Mei 2013

Sumbar Peroleh Anugerah Pangripta Nusantara Utama

Jakarta - Sumbar meraih peringkat terbaik I Anugerah Pangripta Nusantara Utama, dalam penyusunan rencana kerja pemerintah daerah 2013 kategori provinsi kelompok B atau provinsi yang APBD-nya masih kecil.

Penghargaan tersebut diserahkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono kepada Gubernur Irwan Prayitno dalam Musyawarah Perencanaan dan Pengembangan Nasional (Musrenbangnas), Selasa (30/4) lalu di Jakarta.

Menurut Irwan, penghargaan itu terlepas dari program-program andalan sehingga dapat menekan angka kemiskinan dan pengangguran. “Angka kemiskinan turun satu persen setiap tahunnya. Pada 2012 sekitar 8 persen, tingkat itu di atas rata-rata nasional,” kata Irwan seusai menerima penghargaan.

Ia menargetkan, tahun ini angka kemiskinan juga turun 1 persen, tentunya dengan program yang disampaikan dalam rancangan kerja.

Irwan juga menjadi satu dari dua gubernur yang diberikan buku data dan informasi pembangunan Indonesia 2004-2012. Gubernur lain yang mendapatkan buku langsung dari Presiden adalah Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan.

Seusai memberikan kata sambutan, SBY juga mengunjungi stand milik Sumbar untuk melihat produk dan program yang menjadi andalan. “Presiden memuji program kita dan mengatakan kearifan lokal Sumbar bisa menjadi andalan dalam pengentasan kemiskinan,” kata Irwan.

Dalam penilaian, Pemprov Sumbar telah dikunjungi tim penilai independen dari Bapenas. Tim itu juga menilai sistem kerja serta hasilnya melalui pemeriksaan dokumen Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Sumbar 2013 di Jakarta.

Kemudian tim itu melakukan FGD (Focus Group Discussion) melalui metode  wawancara dan verifikasi  proses penyusunan RKPD terhadap stakeholder, tentang proses perencanaan dari bawah (bottom-up) dan dari atas (top down). Proses perencanaan teknokratik dan proses perencanaan politik yang melibatkan beberapa unsur, dari Bappeda, perguruan tinggi serta tokoh-tokoh masyarakat. Tahapan terakhir adalah presentasi Kepala Bappeda di depan tim penilai di Jakarta.

Sumbar memperoleh peringkat terbaik I pada kelompok B yang membawahi dua provinsi, yakni Provinsi Kepulauan Riau yang memperoleh peringkat II dan NTB memperoleh peringkat III.
Dalam Musrenbangnas itu, turut hadir Wakil Presiden Boediono dan seluruh kabinet Indonesia Bersatu jilid II. Gubernur dan bupati/walikota juga ikut dalam kegiatan tersebut. (401)

Singgalang

0 komentar:

Posting Komentar