Pages

Selasa, 17 Maret 2015

Irwan Prayitno Mulai Isyaratkan Maju

PADANG, HALUAN — Meski DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sumbar secara resmi belum merilis dan mengumumkan nama-nama kadernya yang akan diusung se­bagai calon gubernur pada Pilgub Sumbar 2015 ini, namun politisi PKS yang juga incumbent (petahana) Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, mulai memberikan isyarat jika diri­nya akan kembali maju untuk mem­pertahankan kursi panas Sumbar 1 yang telah didudukinya sejak 2010 lalu.
Sebelumnya, sinyalemen yang mengerucut kepada satu nama (Irwan Prayitno), sebagai kan­didat kuat yang akan diusung partai ber­lambang padi dan kapas itu, juga dipertegas dengan pernyataan Anggota DPR RI dari Fraksi PKS, H. Refrizal. Refrizal berkeyakinan, DPP PKS akan memutuskan untuk kembali me­netapkan dan mengusung Irwan Prayitno sebagai calon Gubernur Sumbar periode 2015-2020 mendatang.

“Ya, saya kini itu. Salah satunya didasarkan atas suksesi dan keberhasilan Irwan Prayitno dalam memimpin dan membangun Sumbar sejak 2010 lalu, khususnya di saat-saat Sumbar harus bangkit dari keterpurukan pascagempa 2009,” kata Refrizal.

Ketika dihubungi Haluan, Senin (16/3), Irwan Prayitno memang belum berbicara gamblang. Bahkan, dia juga masih menutup rapat terkait keputusannya dalam menghadapi Pilgub Sumbar. Namun melalui pesan-pesan tersirat yang disampaikannya melalui media baliho yang dipasang di sejumlah titik dan ruas jalan utama di beberapa kabupaten/ kota di Sumbar, Irwan Prayitno secara tak langsung telah mempertegas isyarat itu.

Seperti pada baliho ‘baru’ yang diabadikan koran ini di kawasan Lubuk Begalung, persisnya di depan Kampus UPI Padang. Melalui alat peraga dan media sosialisasinya itu, Irwan Prayitno yang tampil smart dan telihat lebih fresh dengan kemeja putih beserta kacamatanya, tampak memasang kata ‘lanjutkan’.
Yang tak kalah menariknya, di bagian paling bawah gambar juga tertulis sepenggal kalimat berbunyi “IP, Untuk Sumbar Sejahtera”, yang seolah-olah mewakili jargon sekaligus tagline yang akan diusung ‘si pemilik’ baliho menuju arena pertarungan Pilgub Sumbar mendatang.

“Melihat pada pesan yang disampaikan melalui baliho itu, 99,99 persen saya yakin, jika Irwan Prayitno akan kembali diusung PKS sebagai cagub Sumbar. Hemat saya, beliau memang masih layak untuk melanjutkan kepemimpinan Sumbar lima tahun ke depan,” kata Ir. Salwin, salah seorang akademisi, yang juga pemerhati pembangunan Sumbar.
Hingga saat ini, PKS memang menjadi satu-satunya partai politik yang masih terkesan adem ayem dalam menyongsong helat Pilkada serentak di Sumbar 2015. Tidak hanya di tingkat provinsi, kondisi yang sama juga terjadi di 13 kabupaten/ kota yang akan menghelat Pilkada. Di saat partai-partai lain tengah disibukkan dengan proses penjaringan bakal calon gubernur, bupati dan walikota, PKS justru memperlihatkan sikap ‘dingin’ dan terkesan ‘diam’.

Politisi senior PKS, yang juga anggota DPRD Kota Padang Panjang, H. Nasrullah Nukman, SH kepada Haluan kemarin mengatakan, PKS sudah memiliki mekanisme sendiri dalam menetapkan bakal calon kepala daerah yang akan diusung. Terkait nama Irwan Prayitno yang digadang-gadang akan kembali diusung PKS sebagai cagub Sumbar 2015-2020, Nasrullah juga memiliki keyakinan yang sama.

“Insya Allah, kami di Padang Panjang dan tentunya segenap kader PKS di seluruh ka­bupaten/ kota di Sumbar, siap mengantarkan kembali Irwan Prayitno menuju Sumbar 1. Dengan izin Allah dan atas dukungan seluruh masyarakat, kami sangat optimis untuk itu,” tandas Nasrullah. (h/yan)

harianhaluan.com 17 Maret 2015

0 komentar:

Posting Komentar