Pages

Sabtu, 11 April 2015

Peningkatan Daya Dukung Jalan Lintas Tengah Sumbar (Padang - Solok/Solok Selatan - Sijunjung - Dharmasraya - Batas Jambi)


Gambar 1. Jalan Sitinjau Lawik, Padang-Solok. Gambar 2. Jalan Lubuk Selasih (Solok) ke Muaralabuh (Solok Selatan). Gambar 3. Jalan Lintas Tengah Solok-Sijunjung-Dharmasraya. Gambar 4. Jembatan Batu Rijal Dharmasraya. Gambar 5. Maket Jembatan Kabel Sungai Dareh Dharmasraya (Dalam Proses).

Jaringan jalan lintas tengah Sumatera yang berada dalam wilayah Sumatera Barat melalui 6 (enam) Kab/Kota yaitu Kota Padang, Kota Solok, Kab. Solok, Kota Sawahlunto, Kab. Sijunjung dan Kab. Dharmasraya sepanjang 218,79 km yang pada tahun 2010 dalam kondisi rusak sedang dan rusak berat akibat beban kendaraan bermuatan lebih. Di tahun 2011 diterbitkan surat pemberitahuan pengurangan beban kendaraan serta dilakukan peningkatan daya dukung jalan sepanjang 143,59 km atau lebih dari 65% dari panjang jalan lintas tengah tersebut dengan biaya total Rp 695,80 miliar.

Selain perbaikan jalan lintas tengah juga dilakukan perbaikan jalan penghubung lintas tengah dengan lintas Timur Sumatera (Kiliranjao – Batas Riau) sepanjang 23,29 km dengan biaya Rp 42,32 miliar.

Jalur lintas tengah tersebut digunakan bagi kendaraan angkutan barang menuju Pelabuhan Teluk Bayur.

Perbaikan berat dilakukan untuk beberapa ruas dengan dilakukan pembetonan di ruas Kota Padang – Indarung – Lubuk Selasih termasuk tanjakan panorama satu Sitinjau Laut serta pembuatan pile selab sepanjang 400 m di sembilan lokasi pada ruas yang mirip metodenya dengan jalan tol menuju bandara Soekarno Hatta serta pembetonan untuk 3 lokasi lainnya di ruas Muara Kalaban – Tanah Badantung – Kilranjao – Batas Jambi.

Pada ruas jalan Kiliranjao – Batas Jambi akan dibangun jembatan cable stayed Sungai Dareh sepanjang 180 m dengan biaya Rp 210 miliar.

Di antara jalur lintas tengah dan lintas barat Sumatera Barat terletak Kab. Solok Selatan (Padang Aro) yang berjarak 166,59 km dari ibu kota provinsi. Sebelum th 2011 dalam kondisi rusak berat sehingga diperlukan waktu tempuh lebih dari 5 jam untuk sampai ke Kota Padang. Di th 2012 telah dilakukan perbaikan jalan dari Lubuk Selasih - Surian – Muara Labuh – Padang Aro – Lubuk Malako sepanjang 60,48 km dan penggantian jembatan di 3 lokasi sepanjang 175 m dengan biaya total Rp 171,30 miliar. Sejak th 2013 ruas tersebut sudah digunakan sebagai salah satu etape balap sepeda Tour de Singkarak.
 
www.facebook.com/irwanprayitnomendengar

0 komentar:

Posting Komentar