Pages

Jumat, 24 November 2017

Guru Pewaris Rasul

Oleh: Irsyad Syafar

Sesungguhnya Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam adalah seorang guru. Sebab, Beliau diutus Allah untuk membacakan Wahyu Allah, mensucikan jiwa-jiwa umatnya dan mengajarkan mereka Al Quran dan As Sunnah. Allah Ta'alaa berfirman:

كَمَا أَرْسَلْنَا فِيكُمْ رَسُولًا مِنْكُمْ يَتْلُو عَلَيْكُمْ آيَاتِنَا وَيُزَكِّيكُمْ وَيُعَلِّمُكُمُ الْكِتَابَ وَالْحِكْمَةَ وَيُعَلِّمُكُمْ مَا لَمْ تَكُونُوا تَعْلَمُونَ.

Artinya: "Sebagaimana (Kami telah menyempurnakan nikmat Kami kepadamu) Kami telah mengutus kepadamu Rasul diantara kamu yang membacakan ayat-ayat Kami kepada kamu dan mensucikan kamu dan mengajarkan kepadamu Al Kitab dan Al-Hikmah, serta mengajarkan kepada kamu apa yang belum kamu ketahui." (QS Al Baqarah: 151).

Nabi Shallallahu Alaihi wasallam adalah guru yang telah mengeluarkan umatnya dari kegelapan jahiliyah menuju cahaya tauhid (keimanan). Beliau telah mengajar para sahabatnya menjadi  manusia-manusia terbaik, setelah sebelumnya mereka tidak saja buta huruf, melainkan dalam kesesatan yang nyata. Allah Ta'alaa berfirman:

هُوَ الَّذِي بَعَثَ فِي الْأُمِّيِّينَ رَسُولًا مِنْهُمْ يَتْلُو عَلَيْهِمْ آيَاتِهِ وَيُزَكِّيهِمْ وَيُعَلِّمُهُمُ الْكِتَابَ وَالْحِكْمَةَ وَإِنْ كَانُوا مِنْ قَبْلُ لَفِي ضَلَالٍ مُبِينٍ

Dialah yang mengutus kepada kaum yang buta huruf seorang Rasul di antara mereka, yang membacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, mensucikan mereka dan mengajarkan mereka Kitab dan Hikmah (As Sunnah). Dan sesungguhnya mereka sebelumnya benar-benar dalam kesesatan yang nyata." (QS Al Jumu'ah: 2).

Abdullah bin Amru meriwayatkan bahwa Nabi Shallallahu Alaihi wasallam bersabda:

وَإِنَّمَا بُعِثْتُ مُعَلِّماً. رواه ابن ماجه.

Artinya: "Sesungguhnya Aku diutus sebagai seorang guru." (HR Ibnu Majah)

Berbahagialah para guru sampai akhir zaman, yang senantiasa tulus, sabar, gigih dan penuh pengorbanan dalam mendidik generasi demi generasi, menyelamatkan mereka dari kebodohan, kesesatan dan kejahiliyahan. Sebab, sesungguhnya guru adalah pewaris Rasul.

SELAMAT HARI GURU

0 komentar:

Posting Komentar