Menuju Pengelolaan Pariwisata Profesional, Rafdinal Bekali 80 Pelaku Wisata Melalui Bimtek - PKS Sumbar
News Update
Loading...

Minggu, 10 Oktober 2021

Menuju Pengelolaan Pariwisata Profesional, Rafdinal Bekali 80 Pelaku Wisata Melalui Bimtek


Sebagai bentuk kepedulian kepada pariwisata di dapilnya yaitu Kabupaten Agam dan Kota Bukittinggi, anggota DPRD Sumbar Fraksi PKS Bapak H. Rafdinal, SH menggelar kegiatan Bimbingan Teknis Sadar Wisata dengan sub kegiatan "Peningkatan Peran Serta Masyarakat dalam Pengembangan Kemitraan Pariwisata" yang dilaksanakan di Hotel Pangeran Beach Kota Padang selama dua hari yaitu tanggal 4-5 Oktober 2021.

Sebanyak 80 orang penggiat pariwisata yang tersebar di nagari - nagari di dapil beliau hadir dan mengikuti kegiatan ini. Dalam sambutannya Rafdinal menyampaikan bahwa saat ini pariwisata tumbuh dan menggeliat baik di Agam atau Bukittinggi. Masyarakat di masing-masing nagari berlomba-lomba membuat objek wisata. 

"Dari kunjungan kita ke lapangan, kita menyadari bahwa perlu nya singkronisasi antara pengelola pariwisata dengan pihak nagari." Ucap Rafdinal dalam sambutannya.

Rafdinal juga menambahkan alasan pentingnya singkronisasi ini karena kalau pengelola pariwisata nanti tidak profesional, tentu pihak nagari juga yang akan mengurusnya. 

Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat Bapak H. Novrial SE., MA., AK yang juga membuka secara resmi kegiatan serta memberikan materi. Kabid Pengembangan Sumber Daya Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dinpar Sumbar Bapak Drs. Mulyadi Yanis. Kreasi pengembangan sumber daya pariwisata Ibu Anastasia, SE, serta Bapak Khairul Azmi, S.Par selaku narasumber.
 
Pada hari kedua kegiatan, peserta diajak mengunjungi salah satu destinasi wisata yang meraih juara 1 dalam ajang penilaian Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) pada November 2020 lalu Tingkat Provinsi Sumatera Barat yaitu Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) Kapalo Banda Nagari Taram Kecamatan Harau Kabupaten Limapuluh Kota. Di lokasi peserta dipersilahkan melihat seluruh area wisata sekaligus berkumpul untuk mendengarkan pengalaman langsung dari pengelola tempat wisata.

Share with your friends

Give us your opinion

Pemberitahuan
Jangan lupa untuk like dan subscribe PKS Sumbar.
Done