Pages

Selasa, 22 April 2014

Partai Besar Klaim Satu Kursi setiap Dapil

Padang, Padek—Kendati KPU Sumbar baru akan melakukan rapat pleno rekapitulasi pene­-tapan perolehan suara Pemilu Legislatif (Pileg) tingkat DPRD Sumbar besok (23/4), namun masing-masing partai politik (parpol) mengaku optimistis bisa menjadi pemenangan Pileg berlangsung 9 April lalu itu. Bahkan, sejumlah pimpinan parpol mengklaim partainya bisa meraih minimal satu kursi per daerah pemilihan (dapil).

Klaim optimisme itu diuta­ra­kan Ketua DPD I Partai Golkar Sumbar Hendra Irwan Rahim, Ketua DPD Partai Demokrat Sumbar Josrizal Zein, Ketua DPW PAN Sumbar M Asli Chai­dir, Ketua DPW PKS Sumbar Trinda Farhan Satria, dan Ketua DPD Partai Hanura Sumbar M Tauhid ketika dihubungi secara terpisah, kemarin (21/4). 

Petinggi Partai Golkar Sum­bar paling optimistis bahwa partai berslogan ”Suara Rakyat, Suara Golkar” itu, bisa men­do­minasi perolehan kursi dari DP­RD Sumbar periode 2014-2019. Terlebih lagi, perolehan suara partai berlogo pohon beringin itu mampu menguasai 14 dae­rah di Sumbar sesuai hasil pleno KPU kabupaten/kota.

Dari 19 kabupaten/kota ya­ng ada di Sumbar, ”si kuning” hanya kalah di lima daerah yakni Padang, Bukittinggi, Sawah­lunto, Agam dan Mentawai. Me­ru­juk perolehan suara ini, Partai Golkar meyakini bisa meng­an­tongi total kursi melebihi jumlah periode ini yang hanya sebanyak sembilan kursi.

”Kita belum mendapatkan gambarannya. Tapi kita optimis­tis bisa mendominasi perolehan kursi di DPRD Sumbar nanti. Karena kita hanya kalah di lima daerah, sisanya kita menang,” ujar Ketua DPD Partai Golkar Sumbar, Hendra Irwan Rahim, kepada Padang Ekspres, kemarin.

Sampai kemarin, Hendra mengakui bahwa masih banyak­nya saksi yang belum menye­rah­kan laporannya. Itulah sebab­nya, dirinya kesulitan mengkal­ku­la­sikan jumlah perolehan suara yang telah dikantongi. Mantan anggota DPRD Sumbar itu berharap seluruh saksi yang belum menyerahkan laporan­nya segera menyerahkannya.

Optimisme juga berembus dari parpol besutan Susilo Bam­bang Yudhoyono. Partai Demok­rat sebagai partai penguasa se­be­lumnya, mengaku bahwa par­tai berlambang mercy itu mam­pu mengantongi minimal satu kursi per dapil (delapan kursi, red).

”Kalau yang menang, seperti memang Golkar. Tapi saya yakin, Demokrat bisa mendapatkan sebanyak sembilan kursi di DPRD Sumbar nanti. Karena ada salah satu dapil yang diper­kira­kan bisa menyumbangkan dua kursi (saat ini Demokrat 14 kur­si),” sebut Ketua DPD Partai Demokrat Sumbar, Josrizal Zein. Dapil dimaksud, yakni Dapil VI Sumbar meliputi Sijunjung, Tanah­datar, Dharmasraya, Sa­wah­lunto dan Padang­panjang,

Begitu juga dengan PAN. Meski belum mendapatkan la­po­ran total jumlah suara, na­mun partai besutan Hatta Rajasa tersebut meyakini bisa me­ngan­tongi satu kursi per-Dapil. Arti­nya, diperkirakan ada delapan ku­rsi. ”Itu sudah lebih dari cu­kup dibandingkan dengan pe­rio­de sekarang, hanya enam kursi,” ujar Ketua DPW PAN Sumbar, M Asli Chaidir.

Lain lagi PKS, parpol ber­slogan ”Bersih, Peduli dan Pro­fe­sional”  itu terlihat belum berani membeberkan jumlah perolehan kursi untuk DPRD Sumbar nanti. Pasalnya, hingga kemarin DPW PKS Sumbar ma­sih melakukan penghitungan suara. ”Belum dapat (gambaran, red), masih sedang dalam tahap penghitungan suara,” ungkap Ketua DPW PKS Sumbar, Trinda Farhan Satria. Saat ini PKS Sum­bar hanya mengantongi lima kursi di DPRD Sumbar.

Sedangkan Partai Hanura menargetkan minimal bisa mem­pertahankan jumlah kursi yang ada saat ini (lima kursi, red). Namun secara umum lapo­ran yang sudah didapatkan, Hanura meyakini bisa men­da­patkan masing-masingnya satu kursi di sejumlah dapil.

”Ya begitulah, kalau per­saingan itu sudah diwarnai de­ngan politik kotor. Maka, wakil rakyat yang dilahirkan tak akan maksimal memperjuangkan as­pi­rasi rakyatnya. Jadi, politik saat ini bukan politik yang sehat lagi, melainkan bela yang bayar bu­kan bela yang benar,” tegasnya.

Seperti diketahui total ang­gota DPRD Sumbar periode men­datang bertambah 10 orang menjadi 65 orang. Itu terbagi ke dapil Sumbar 1, yakni Ko­ta Pa­dang dengan jumlah kursi 10, Dapil Sumbar 2 yakni Padang­pa­ria­man dan Kota Pariaman de­ngan 7 kursi.

Dapil Sumbar 3 meliputi Agam dan Kota Bukittinggi de­ngan jumlah kursi yang dipere­butkan 8. Dapil Sumbar 4 yakni Pasaman dan Pasaman Barat dengan jumlah kursi 9. Dapil Sumbar 5 yaitu Limapuluhkota dan Payakumbuh dengan 6 kursi.

Sedangkan Dapil Sumbar 6 meliputi Sijunjung, Tanahdatar, Dharmasraya, Sawahlunto dan Padangpanjang jumlah kursi 11. Dapil Sumbar 7 meliputi Solok, Solok Selatan dan Kota Solok dengan jumlah kursi 7, dan te­rak­hir Dapil Sumbar 8 yakni Pesisir Selatan dan Mentawai dengan jumlah kursi 7.

Di sisi lain, Ketua KPU Sumbar Amnasmen menu­tur­kan, KPU menjadwalkan rapat pleno rekap hasil suara yang sudah diplenokan KPU kab­upa­ten/kota besok atau Kamis nanti (23 atau 24 April ini). ”Mari kita tunggu bersama sambil terus memberikan pengawalan,” kata Amnasmen ketika dihubungi Padang Ekspres tadi malam. (zul/zil)

Padang Ekspres 22 April 2014

0 komentar:

Posting Komentar