Pages

Sabtu, 09 Mei 2015

Kondisi Jalan di Sumbar Lampaui Target Nasional

Padang, Obsessionnews – Target Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) tahun 2015 ini, seluruh jalan di Sumbar kondisinya mantap terwujud sesuai dengan rencana bahkan melebihi dari target nasional.

Secara nasional, kondisi infrastruktur jalan provinsi mencapai 65 persen dan infrastruktur jalan nasional seikitar 90 persen. Kondisi jalan provinsi di wilayah Prov Sumbar seluruhnya sudah mantap yaitu sudah mencapai 87 persen. Demikian juga dengan kondisi jalan nasional yang ada di wilayah Sumbar sudah melebihi target nasional, yaitu 98 persen.


“Jadi kalau jalan, kondisinya di Sumbar sudah melampaui target nasional. Jauh kita. Jauh dari target rata-rata nasional. Target nasional jalan provinsi 65 persen, kita sudah 87 persen. Begitu juga jalan nasional yang ditargetkan 90 persen, kita sudah mencapai 98 persen,” kata Kepala Dinas Prasarana Jalan dan Tata Ruang Pemukiman Provinsi (Prasjaltarkim) Sumbar, Suprapto kepada obsessionnews.com, Jum’at (8/5).’

Percepatan pembangunan infrastruktur jalan di wilayah Sumbar utamanya sejak lima empat tahun belakangan. Dinas Prasjaltarkim Prov Sumbar, menargetkan hingga akhir 2015, kondisi jalan provinsi di seluruh wilayah Sumbar, sudah mencapai 90 persen dan kondisi jalan nasional mencapai 100 persen.

Suprapto mengatakan, komitmen kepala daerah berikut dukungan anggota Dewan DPRD dinilai sangat menentukan untuk proses percepatan program pembangunan, termasuk bidang prasarana jalan. Dengan komitmen dimaksud, pemerintah melakukan upaya perbaikan dan peningkatan jalan dari jalan kabupaten/kota menjadi strategis provinsi.

Disamping itu, pemerintah tengah memprogramkan pembangununan jalan dan jembatan sebagai program strategis di wilayah itu, seperti terowongan Balingka, Kabupaten Agam sepanjang 1,1 kilometer berikut jembatan layang sepanjang 400 meter. Kemudian Jembatan Sungai Dareh, Kabupaten Dharmasraya yang tahun ini peresmian pembangunannya akan dilaksanakan.

“Sesungguhnya Sumatera Barat sangat beruntung. Banyak proyek-proyek nasional bidang jalan dan jembatan yang dikerjakan di Sumbar, karena pemerintah bersama legislatif proaktif,” sebut Suprapto.
Sementara itu, peningkatan jalan kabupaten dan kota menjadi jalan strategis provinsi. pembangunan jalan strategis provinsi yang tengah dikerjakan sepanjang 960 kilometer, terdapat di seluruh wilayah kabupaten/kota di Sumbar.

Suprapto mengatakan, Pemprov Sumbar membangun jalan startegis provinsi, tujuannya, selain memperlancar akses transportasi barang dan angkutan umum, juga untuk meningkatkan potensi yang tersedia di wilayah sekitar.

Seperti, jalur Carocok- Mandeh, Kabupaten Pesisir Selatan, ditingkatkan menjadi strategis provinsi untuk percepatan pengembangan kawasan mandeh sebagai Kawasan Wisata Bahari Terpadu (KWBT) di Sumbar.
Sama halnya dengan jalur Padang Aro- Sungai Dareah, Kabupaten Dharmasraya untuk mempercepat pembangunan di wilayah itu, sebagai daerah penghasil sawit di Sumbar.
Suprapto berharap, dengan dukungan dan komitmen kepala daerah bersama anggota DPRD Sumbar, kondisi seluruh jalan yang ada di Sumbar dapat tercapai akhir 2015 sebagaimana ditargetkan sebelumnya. (Musthafa Ritonga)

obsessionnews.com 9 Mei 2015

0 komentar:

Posting Komentar