Pages

Selasa, 09 Juni 2015

Gubernur Irwan Prayitno di Depan Guru: Manfaatkan Ramadhan Bentuk Karakter Pelajar

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Tabligh  Akbar  guru-guru SD, SMA, SMK jajaran Dinas Pendidikan Payakumbuh, di Masjid Istiqamah Kelurahan Bulakan Balai Kandi, Kecamatan Payakumbuh Barat, Selasa (9/6), mendapat perhatian khusus  dari Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno. Didampingi Walikota Riza Falepi, tabligh Akbar itu, menghadirkan Ustazd H. Irsyaf Safar, LC, tokoh pendidikan Sumbar dan pimpinan Perguruan Ar-Risalah Padang.

Di hadapan sekitar 1.500 lebih guru dan Kepala Dinas Pendidikan H. Hasan Basri, Sy, S.Pd,  Gubernur Irwan Prayitno, mengajak seluruh tenaga pengajar itu, memperbaharui komitmennya untuk  meningkatkan mutu pendidikan di Daerah Tuah Sakato ini.  Di era globalisasi dan makin berkembangnya tekhnologi informasi, tanggung jawab guru bukan sekedar mengajar di depan kelas, melainkan mampu memberikan pendidikan berakhlak mulia dan berkarakter.

Dikatakan, Kota Payakumbuh telah memberikan kontribusi yang cukup banyak dalam memajukan pendidikan Sumatera Barat. Gubernur berharap, sepanjang Ramadhan nanti,  seluruh sekolah melalui Dinas Pendidikan Payakumbuh, membuat program yang punya sentuhan meningkatkan keimanan murid dan kalangan guru.

Membentuk siswa  berkarakter bukan perkara  mudah dan cepat. Diperlukan upaya terus menerus  dan refleksi mendalam untuk membuat keputusan moral yang dibarengi dengan aksi nyata. Menurut gubernur, kita butuh waktu  cukup panjang,  dalam membentuk watak atau tabiat seseorang. Makanya, usia sekolah merupakan waktu yang tepat membentuk kepribadian anak bangsa ini, katanya.

Selain itu pencanangan pendidikan karakter tentunya dimaksudkan untuk menjadi salah satu jawaban terhadap beragam persoalan bangsa yang saat ini banyak dilihat, didengar dan dirasakan, yang mana banyak persoalan muncul yang di indentifikasi bersumber dari gagalnya pendidikan dalam menyuntikkan nilai-nilai moral terhadap peserta didiknya.

Walikota  Payakumbuh Riza Falepi, dalam sambutannya mengajak, seluruh sekolah di kota ini, untuk  memperbanyak kegiatan ke-Islaman  selama Ramadhan mendatang.  Sama dengan tahun-tahun sebelumnya, dalam pembentukan pelajar berakhlak mulia, seyogianya, setiap sekolah mengintensifkan  hafalam Alqur’an sebelum jam belajar dimulai.

Sementara itu, Kadisdik Payakumbuh Hasan Basri, mengatakan, gelar acara tabligh Akbar jelang puasa Ramadhan, wujud dari evaluasi pendidikan berkarakter dan berakhlak mulia di Payakumbuh. Selain  peningkatan hubungan silaturahim, kegiatan itu juga dimanfaatkan  mendorong seluruh kepala sekolah dan majelis guru untuk menyiapkan kegiatan pesantren sekolah atau pesantren terpadu dengan masjid di setiap kelurahan.(mnc)

padang-today.com 10 Juni 2015

0 komentar:

Poskan Komentar