Penertiban tanpa Kekerasan - PKS Sumbar
News Update
Loading...

01 Mei 2016

Penertiban tanpa Kekerasan

Gubernur Apresiasi Satpol PP Padang

Payakumbuh, Padek—Langkah Pemko Padang menertibkan destinasi wisata tanpa kekerasan yang dilakukan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), mendapat apresiasi dari Gubernur Sumbar Irwan Prayitno. Apresiasi berupa piagam penghargaan Penegakan Perda dan Penertiban tanpa Kekerasan ini diberikan kepada Pemko Padang yang diterima Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah didampingi Kepala Kantor Pol PP Firdaus Ilyas usai menjadi Inspektur Upacara HUT ke-66 Pol PP dan Satlinmas ke-54 tingkat Provinsi Sumatera Barat yang dipusatkan di Lapangan Pacuan Kuda, Payakumbuh, Selasa (26/4).

Gubernur menekankan kepada Satpol PP maksimal menjaga ketenteraman dan ketertiban umum (trantibum) di destinasi wisata. Sehingga, tidak terjadi lagi praktik pemalakan dan serta perilaku premanisme lainnya yang berdampak buruk pada citra pariwisata daerah.

Menurut Irwan, peran Satpol PP mengamankan destinasi wisata sangat penting. Sebab, perhatian besar pemkab/pemko dititikberatkan pada pariwisata guna menunjang percepatan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Perhatian besar kita saat ini adalah pada pariwisata yang diharapkan dapat menggerakan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” sebut Gubernur.

Dia mengingatkan Satpol PP agar tidak arogan dalam bertugas, tetapi mengutamakan sikap persuasif dan humanis. “ Utamakan pendekatan persuasif dan humanis agar tidak timbul gesekan dengan masyakat,” tukasnya.

Pada peringatan HUT Satpol dan Linmas 2016 ini, Gubernur mengapresiasi pemkab/pemko yang berhasil melaksanakan penegakan perda dan penertiban tanpa kekerasan.

Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah mengungkapkan, dalam penertiban beberapa kawasan seperti Pasar Raya, Pantai Padang dan penertiban PKL di jalan-jalan protokol di Padang, tidak terlepas dari peran Satpol PP yang melaksanakan tugas dengan pendekatan persuasif dan humanis.
“Satpol Padang memang selalu diberikan pembekalan agar melaksanakan tugas dilakukan dengan pendekatan yang baik. Terlebih di kawasan wisata, mereka harus lebih ramah dan mampu memberikan pelayanan yang baik dan tegas menegakkan peraturan,” ujarnya.

Wako mengamini yang disampaikan Gubernur tentang pentingnya pengamanan dan menciptakan ketertiban umum di destinasi wisata. “Ini bagian tugas penting dari Satpol PP, terutama di Padang yang tengah menata obyek-obyek wisata,” tukuknya. (adi) 

Padang Ekspres, 27 April 2016

Sumber: infoirwanprayitno.wordpress.com

Share with your friends

Give us your opinion

Pemberitahuan
Jangan lupa untuk like dan subscribe PKS Sumbar.
Done